A Memories

Standard

Ketika hujan turun, aku selalu berterima kasih. Berterima kasih kepada hujan, karena telah memberiku kesempatan untuk melamun. Bagiku, saat hujan adalah saat yang tepat untuk melamun. Melihat tetesan hujan dari jendela yang terlihat seperti memaksa untuk masuk tapi terhalang kaca jendela. Menatap kumpulan tetesannya yang bersatu menjadi sebuah aliran air menuruni kaca jendela, seolah mereka tak lagi ada harapan untuk masuk, dan rela untuk luruh jatuh ke tanah.

Entah mengapa, hujan yang datang beramai-ramai itu hanya menghadirkan sepi. Apakah hujan terdiri atas 1% air + 99% kesepian? Jika benar begitu, yang tersisa hanya 100% kenangan. Namun, bahkan setelah hujan berhenti pun kenangan itu tak kunjung luruh bersama aliran air hujan. Masih tetap menggantung seperti tetesan embun di pucuk daun.

Kamu, yang masih terperangkap dalam kotak itu, kotak kenangan. Kotak misterius yang tak pernah ingin kamu buka, tetapi sudah bisa membuatmu tersesat dengan hanya membayangkannya saja. Sejenak aku pikir akulah orang yang tepat menyelamatkanku dari sana. Entahlah, rasanya seperti tarik-menarik.  Aku tarik kamu ke depan, tapi sepertinya kenanganmu lebih keras menarikmu ke belakang. Kadang aku melonggarkan genggamanku hanya demi menjaga tali antara aku dan kenanganmu ini tak putus.

Besok, ketika aku terbangun lagi, aku pasti akan selalu penasaran. Sampai kapan kamu mau tinggal di sana? Aku sudah mengulurkan tangan, tangan penuh luka karena berusaha menghapus duri kenanganmu. Namun, disisi lain, kamu selalu menjadi sosok yang ingin kukibarkan di hati. Kuperjuangkan bebas dari rindu, apalagi sepi.

Kurasa, wajahmu terbuat dari racikan hujan pada jendela beserta embunnya. Dan jika aku melihatnya dalam sebuah perjalanan, tak ada rasa yang bisa menggambarkan selain kata.

Kamu, kapanpun kamu melihatku tertidur, entah karena terlalu lelah memperjuangkanmu, atau terlalu bosan menunggumu, jangan bangunkan aku. Kamu, tolong bangunkan aku, hanya ketika kamu sudah beranjak dari kenangan itu.

Kenangan ini sebuah ketidaksengajaan. Aku tidak sengaja  jatuh cinta. Aku tidak sengaja mencuri-curi pandang ketika aku bersama kamu. Dan ketika kamu melihat ke arahku, aku tidak sengaja membuang pandanganku sejauh-jauhnya, lebih jauh dari rekor lempar lembing yang pernah tercipta, hanya untuk tetap menjaga kamu tidak tahu aku sedang memandangmu. Aku tidak sengaja merasa senang berada dalam satu momen bersamamu. Aku tidak sengaja mengharapkan kamu ada ketika kamu dan aku tidak dalam ruang dan waktu yang sama.

Demi Tuhan, aku tidak sengaja khawatir jika tidak tahu kabarmu dan aku tidak sengaja telah mencari tahu banyak hal tentangmu. Aku tidak sengaja jatuh cinta kepadamu. Aku tidak sengaja menjadikanmu “karena” dalam setiap “mengapa” yang bermuara di benakku. Aku tak sengaja harus kembali mengenang dirimu.

 

Maaf, aku tak sengaja….

Hanya karena hujan  yang telah mengingatkanku

Kini, ingatan yang menghujaniku

Maaf, aku tak sengaja….

Leave a Reply

