Ini adalah tentang “Idola”

Standard

idolaJadi ceritanya kemarin seorang temen saya bertanya tentang siapa idolaku. Namun setelah mendengar jawabanku, dia malah ngakak karo misuh-misuh (tertawa khas jawa timur yang artinya: tertawa sembari menghujat). Aku terdiam sejenak dan berfikir. Apakah aku salah jika aku mengidolakan seorang Angling Dharma, Sun Go Kong, dan Yoko??? Bukankah setiap orang punya idola dengan alasan yang berbeda-beda??? “Iyo memang, awakmu berhak mengidolakan sopo ae, tapi maksudku bukan tokoh fiksi koyok iku”, katanya.

Ya, setiap orang pasti punya idola. Alasan sesorang memilih idola bisa karena tertarik dengan fisik, prilaku, karya, atau jasa dari seorang yang diidolakan. Dalam kebiasaan umum dan yang diumumkan, sosok Idola adalah orang yang dipuja, dikagumi atau diteladani. Sosok idola adalah orang yang dianggap menyandang predikat istimewa, dihormati posisinya dan dikagumi prestasinya. Sosok idola ditempatkan pada posisi yang tinggi di antara komunitas yang mengidolakannya. Sebagai seorang muslim, sudah jelas prioritas idola kita haruslah seseorang yang dijelaskan dengan “lakod kaana lakum fii rosullullahi uswatun hasanah”. Ya, prioritas idola kita adalah Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan yang baik.

“Maksud’e yo ora koyok ngono”,jelasnya.

“Kalau begitu, idola yang kamu maksud itu seperti apa?”, tanyaku.

“Contone aku, sing mengidolakan One Direction, Linkin Park, karo Iwan Fals”, terangnya.

“Owalah… musisi idola maksudmu?”, tanyaku.

“Yo ngono kui lah”, jawabnya.

“Aku punya 3 musisi idola: Rhoma Irama, Didi Kempot, dan Gita Gutawa”, jawabku.

Untuk kedua kalinya dia kembali ngakak karo misuh-misuh. Ohh Fak!!! Dia menghujat lagi. Lagi pula gak ada bedanya antara One Direction dengan Didi Kempot. Toh tidak akan pernah ada idola tanpa ada yang mengidolakan. Bagiku tak ada musisi yang lebih hebat daripada ketiga orang tersebut.Tak ada musisi yang bisa menciptakan lebih dari seribu lagu seperti Rhoma Irama. Tak ada pencipta lagu yang lirik-liriknya sesendu lagu-lagu Didi Kempot. Dan tak ada penyanyi yang suara soprannya melebihi lengkingan  suara Gita Gutawa.

Lalu, siapa idola kamu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s